4 Keahlian Komunikasi dalam Rumah Tangga

view3216
0
comment0
share5
share0
28/11/2014

Menjaga keharmonisan rumah tangga memang tidak mudah. Tetap akur dengan pasangan sambil tetap mempertahankan kelancaran komunikasi membutuhkan keahlian tersendiri. Simak 4 keahlian komunikasi yang perlu dipelajari pasangan dalam berumah tangga berikut ini:

1. Ungkapkan perasaan negatif dengan cara positif
Bila Anda kecewa atau tidak setuju tentang suatu hal dengan pasangan Anda, Anda harus mengungkapkan perasaan tersebut sebelum menumpuk menjadi masalah besar. Tapi ungkapkanlah perasaan Anda tersebut dengan cara yang konstruktif dengan kepala dingin.

2. Dengarkan perasaan negatif tanpa merasa defensif
Hadapi kenyataan bahwa sama seperti pasangan Anda memiliki hal yang tidak Anda sukai, Anda pun pasti memiliki hal yang tidak disukai pasangan Anda. Jadi bila pasangan Anda melakukan teknik komunikasi yang disebutkan poin sebelum ini dan mengungkapkan perasaan negatifnya kepada Anda, hadapilah perasaannya dengan sabar. Jangan langsung menyebutkan alasan penyebab kesalahan Anda dengan defensif, karena hal itu hanya akan membuat pasangan Anda merasa bahwa pendapatnya tidak penting bagi Anda.

3. Ungkapkan perasaan positif tanpa ragu-ragu
Rasa kasih sayang, penghargaan, dan rasa bangga adalah contoh perasaan positif yang seharusnya dirasakan antara pasangan. Anehnya, terkadang lebih mudah mengungkapkan perasaan negatif daripada perasaan positif. Tapi jangan pernah ragu mengungkapkan perasaan Anda tersebut kepada pasangan Anda. Actions speak louder than words, but no word at all is simply heartbreaking.

4. Dengarkan perasaan positif dengan baik
Menanggapi perasaan positif bisa jadi sama sulitnya dengan menanggapi perasaan negatif. Tapi secanggung apapun reaksi yang Anda keluarkan saat menerima pujian dari pasangan, terimalah pujian atau perasaan positif tersebut dengan lapang dada. Anggap hal tersebut sebagai stimulan untuk terus memberikan yang terbaik untuk pasangan Anda dan keluarga.

http://www.aish.com/f/m/48936452.html