Cara Mengembalikan Suasana Keluarga Harmonis

25 May 2016

Cara Mengembalikan Suasana Keluarga Harmonis

Keluarga yang tidak harmonis bisa menimbulkan stres pada setiap anggota keluarga. Suami jadi malas pulang karena merasa sulit menemukan suasana nyaman untuk bersantai usai lelah bekerja. Anak-anak menjadi lebih suka di luar karena di rumah mereka merasa tidak mendapatkan perlindungan dan kasih sayang yang mereka butuhkan. Dan, istri akan merasa tertekan dengan kondisi rumah dan keluarganya. Untuk mengatasi itu semua, dibutuhkan tindakan manajemen masalah dan usaha nyata mengembalikan suasana keluarga harmonis.

Dimulai dari tindakan manajemen masalah untuk membuat rumah Anda lebih damai dan hanya sedikit kekacauan, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Terimalah kenyataan bahwa anak-anak sesekali pasti bertengkar dan membuat keributan. Anda tidak perlu ikut-ikutan ribut dan berteriak-teriak. Setelah pertengkaran mereka reda, bicaralah baik-baik dengan mereka. Cara tersebut akan membuat Anda lebih didengar dan mereka merasa aman.
  • Anda juga harus menerima bahwa terkadang anak-anak atau pasangan membuat kotor rumah dan meletakkan barang-barang tidak pada tempatnya. Lagi-lagi Anda tidak perlu marah-marah dan menyalahkan orang lain. Buatlah aturan yang jelas tentang kedisiplinan di rumah dan buat juga pembagian tugas untuk membereskan atau membersihkan rumah bersama-sama. Siapkan hukuman yang wajar jika mereka melanggar dan hadiah yang menyenangkan jika mereka tertib agar semakin bersemangat.
  • Jika Anda merasa telah melakukan kesalahan, jangan ragu untuk mengaku dan meminta maaf kepada anak-anak ataupun pasangan. Anda akan takjub dengan hasilnya! Mereka mungkin juga akan mendekati Anda, melakukan pengakuan, dan meminta maaf dengan jujur. Selanjutnya, hal tersebut akan menjadi pelajaran berharga bagi mereka untuk menciptakan rasa saling percaya dan keterbukaan dalam keluarga.

Selesai dengan manajemen masalah, tugas Anda selanjutnya adalah mengembalikan keharmonisan yang sempat hilang. Caranya bisa dimulai dengan memikirkan hal-hal indah apa saja yang ingin Anda lakukan bersama anak-anak dan pasangan dan menciptakan kebiasaan kumpul keluarga yang unik . Lalu langkah selanjutnya tentu saja adalah mewujudkannya. Ini dia:

  • Ciptakan suasana sarapan dan makan malam yang hangat. Waktu makan bersama adalah salah satu moment terbaik bagi keluarga. Saat sarapan misalnya, selain menyajikan menu terbaik, Anda bisa menanyakan apa jadwal kegiatan yang akan dilakukan anak-anak di sekolah hari itu, bagaimana perkembangan pekerjaan pasangan, dan lain sebagainya. Sementara saat makan malam, Anda bisa menagih lagi cerita dari mereka atau menceritakan kegiatan Anda sendiri di rumah.
  • Tidak cukup di meja makan, ciptakan lagi moment bersama untuk saling berbagi cerita. Misalnya saat menjelang tidur atau saat menikmati teh dan camilan bersama. Dengan sering berbagi cerita dan memupuk kebersamaan, Anda akan tahu apa yang mereka rasakan, inginkan, dan butuhkan. Mereka juga jadi memiliki kesempatan yang sama untuk mengetahui apa yang Anda rasakan dan butuhkan.
  • Siapkan liburan yang berkesan. Ya, liburan adalah cara tepat untuk melepaskan diri dari stres dan kepenatan yang bisa membelenggu keharmonisan keluarga. Setelah berlibur bersama, Anda dan keluarga akan menemukan keakraban dan semangat yang baru. Liburan bisa dengan mengunjungi tempat wisata atau mengunjungi sanak keluarga.

Jika Anda sungguh-sungguh melakukan semua usaha dan langkah di atas serta menularkan semangatnya kepada anggota keluarga yang lain, keluarga Anda pasti selamat dari ketidakharmonisan yang merusak. Tetap semangat untuk keluarga harmonis Anda!

Sumber
http://www.livestressfreelifestyle.com/stress-management/family-stress-management-how-to-bring-peace-and-harmony-to-your-home/
http://www.wikihow.com/Make-Your-Family-More-Harmonious
Diakses pada: 18 Juli 2013