Truth or Dare: Cara Seru Berbagi Cerita dengan Keluarga

6 Jan 2017

Truth or Dare: Cara Seru Berbagi Cerita dengan Keluarga

Truth or dare atau yang dikenal dengan “Jujur atau Tantangan” adalah sebuah permainan klasik yang masih dimainkan hingga saat ini. Permainan ini biasa dimainkan oleh muda-mudi yang sedang berkumpul bersama. Nah, permainan ini juga bisa dimainkan oleh keluarga atau rumah tangga harmonis Anda saat menikmati waktu santai bersama, lho. Bahkan, melalui truth or dare setiap anggota keluarga bisa saling berbagi cerita tanpa rasa canggung.

Terkadang anak-anak merasa malu untuk menceritakan masalah pribadinya kepada orang tua, terutama anak-anak di usia remaja. Mereka takut orang tuanya marah jika, misalnya, mereka bercerita mulai tertarik pada lawan jenis. Pun begitu sebaliknya, orang tua juga merasa canggung bila harus berbagi masalahnya kepada anak-anak. Lewat permainan truth or dare ini setiap anggota keluarga bisa berbagi cerita satu sama lain tanpa harus malu atau canggung. Sebelum bermain, siapkan dulu minuman hasil kreasi dari resep Teh SariWangi agar suasana permainan semakin meriah.

Permainan truth or dare dimulai dengan seluruh anggota keluarga duduk bersila di atas lantai. Kemudian, ambil sebuah botol bekas air mineral kosong, lalu mulailah ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Putar botol bekas tersebut, lalu biarkan hingga berhenti. Perhatikan arah tutup botol tersebut jika tutupnya mengarah ke salah satu anggota keluarga, maka anggota keluarga tersebut berhak memilih untuk jujur atau menyelesaikan tantangan
  2. Jika ia memilih untuk jujur, maka anggota keluarga lain akan berdikusi untuk mencari pertanyaan yang harus ia jawab secara jujur. Gunakan saja pertanyaan sederhana yang tidak terlalu menyudutkan, misalnya “Apa masalah yang sedang kamu alami?” atau “Adakah orang yang membuatmu kesal saat ini? Siapa dan mengapa?” Akan tetapi, bila ia memilih tantangan, maka beri tantangan sesuai dengan kemampuannya, seperti “Buat resep minuman Teh SariWangi untuk acara kumpul keluarga besok.”
  3. Setelah “korban” berhasil menyelesaikan tantangan atau menjawab pertanyaan dengan jujur, maka Anda bisa melanjutkan permainan. Namun, jika ia mengungkapkan isi hati atau permasalahannya, maka hentikan permainan sementara dan diskusikan masalah yang dihadapinya untuk bersama-sama dicarikan jalan keluarnya
  4. Lanjutkan permainan dengan memutar botol bekas tersebut. Permainan ini bisa dihentikan kapan pun Anda dan keluarga inginkan.

Sebagai rumah tangga yang harmonis, sudah sepantasnya jika setiap anggota keluarga berbagi cerita, masalah, dan pengalamannya satu sama lain. Tugas anggota keluarga lainnya adalah mendengarkan dan membantu untuk menemukan jalan keluar terhadap permasalahan yang ada. Permainan truth or dare ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mengungkapkan isi hati masing-masing anggota keluarga. Tertarik untuk mencobanya di akhir pekan ini? Jangan lupa siapkan aneka resep minuman nikmat dari Teh SariWangi  untuk memeriahkan suasana permainan nanti. Selamat mencoba!

Sumber:

playtod.eu/how-to-play-truth-or-dare/

dare-up-your-party.com/truth-or-dare-rules.html

Diakses pada 21 Nov 2016