h

Teh hijau sudah populer sebagai teh yang dapat menurunkan berat badan. Kemampuan ini diperoleh karena adanya kandungan katekin pada teh tersebut. Katekin merupakan senyawa turunan dari flavonoid, yaitu zat alami yang biasa terkandung dalam buah dan sayur yang baik untuk tubuh.  Katekin berkontribusi pada rasa khas teh yaitu sepet. Kandungan katekin pada teh hijau terbilang tinggi. Dalam 200 ml teh hijau atau sekitar satu gelas terkandung sekitar 90 mg katekin. Proses pengolahan teh hijau dengan oksidasi minimal, secara alami mempertahankan kandungan katekin tetap tinggi.

Dari penelitian Kataoka et al. (2004) diperoleh bahwa kombinasi dari konsumsi katekin (570mg/hari atau sekitar 6-7 gelas teh hijau) digabungkan dengan olahraga yang teratur setiap hari efektif menurunkan lemak tubuh. Sebagai orang Indonesia seharusnya manfaat teh hijau ini lebih efektif sesuai hasil penelitian Hursel et al. (2009) yang menyebutkan bahwa penurunan berat badan akibat konsumsi teh hijau lebih efektif pada orang Asia dibandingkan orang Barat.

Katekin bekerja dengan menurunkan penyerapan lemak dalam usus, meningkatkan oksidasi lemak dalam jaringan tubuh dan meningkatkan pengeluaran energi tubuh (Westerterp-Plantenga 2012). Tapi Anda juga perlu mengingat bahwa diet Anda tidak cukup dengan konsumsi teh hijau dengan manfaat katekinnya saja. Diet Anda akan sia-sia tanpa olahraga dan pola makan yang sehat. Selain itu, penambahan gula atau susu yang terlalu banyak pada teh hijau Anda akan merusak tujuan diet Anda. Selamat menurunkan berat badan!