4 Minuman Tradisional Unik dan Nikmat Khas Indonesia

30 May 2016

4 Minuman Tradisional Unik dan Nikmat Khas Indonesia

Minuman tradisional adalah jenis minuman yang berasal dari daerah-daerah tertentu dan sudah dikenal sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Secara umum, minuman tradisional diracik dengan bahan-bahan dan cara yang masih tradisional. Ada begitu banyak jenis minuman tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, beberapa di antaranya bisa menjadi hidangan nikmat yang tepat untuk menemani saat santai bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui aneka minuman tradisional dari Indonesia. Oleh karena itu, SariWangi berinisiatif untuk mengajak Anda mengenal 4 jenis minuman tradisional khas Indonesia. Yuk, kenali aneka minuman tradisional asli Indonesia berikut ini!

  1. Minuman Tradisional Teh Biji KetapangMinuman unik yang satu ini mungkin belum dikenal oleh banyak orang. Ciri khasnya adalah penggunaan biji ketapang, yang menyerupai kue atau jajanan, sebagai bahan utamanya. Cara membuat minuman ini cukup mudah. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan beberapa buah biji ketapang terlebih dahulu. Caranya, didihkan 100 ml air, lalu masukkan tepung beras merah secukupnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menggumpal rata. Lalu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu isi bagian dalamnya dengan sedikit kacang hijau yang sudah direndam air selama 24 jam. Setelah itu, rebus biji ketapang dalam air mendidih hingga mengembang. Selanjutnya, Anda tinggal membuat kuah minuman tradisional ini. Caranya, rebus jahe merah yang sudah dikupas secukupnya dalam air mendidih. Celupkan Teh SariWangi hingga air berwarna kecokelatan, lalu masukkan biji ketapang yang sudah matang ke dalam teh. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan gula, susu kental manis, dan kacang tanah goreng sesuai selera. Minuman tradisional Teh Biji Ketapang siap untuk disajikan.
     
  2. Minuman Tradisional Teh Beras Kencur
    Beras kencur adalah salah satu minuman penyegar tubuh yang khas dari daerah Jawa. Minuman ini biasanya hadir dalam rangkaian jamu tradisional. Namun, agar terasa lebih nikmat, beras kencur dapat dikombinasikan dengan Teh SariWangi. Cara membuatnya adalah dengan menyeduh 2 kantong Teh SariWangi. Ambil sedikit beras, rendam, tiriskan, lalu sangrai. Langkah selanjutnya, masukkan sedikit beras, kencur, jahe, cengkih, gula jawa, kayu manis, gula pasir, garam, dan air teh ke dalam blender, lalu haluskan hingga tercampur rata, dan saring. Minuman penyegar tubuh alami, Teh Beras Kencur, siap untuk dinikmati.
     
  3. Minuman Tradisional Es Teh Tape Ketan Hitam
    Tape ketan hitam adalah salah satu jajanan pasar yang legit dan murah meriah. Jajanan pasar yang satu ini juga dapat dikombinasikan dengan Teh SariWangi untuk menghasilkan salah satu minuman tradisonal yang pasti cocok di lidah masyarakat Indonesia. Pertama, seduh Teh SariWangi bersama dengan sesendok makan gula jawa, gula pasir, dan sedikit garam. Kedua, rebus santan bersama dengan daun pandan hingga matang. Langkah selanjutnya, siapkan gelas saji bermulut lebar, lalu masukkan bahan-bahan pembuat minuman ini sesuai dengan urutan dari yang paling bawah, dimulai dari tape ketan hitam sesuai selera, santan secukupnya, es serut secukupnya, dan yang terakhir siram dengan Teh SariWangi seduh. Jangan lupa untuk menghias bagian atas minuman dengan potongan kecil daun pandan. Es Teh Tape Ketan Hitam siap dihidangkan sebagai dessert tradisional yang legit dan nikmat.
     
  4. Minuman Tradisional Teh Pletok
    Bagi Anda yang berasal dari Tanah Betawi, pasti tak asing dengan minuman tradisional yang satu ini. Apa lagi kalau bukan Teh Pletok. Di Betawi, minuman ini dikenal dengan nama Bir Pletok. Padahal, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol, lho. Untuk membuat Teh Pletok, cukup rebus sejumput secang, 2 lembar daun pandan, 10 cm kayu manis, 6 buah cengkih, seruas jahe, dan gula merah secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya, diamkan di atas api selama 3 menit, lalu saring ke dalam gelas. Celupkan Teh SariWangi selama 1 menit dan diamkan selama 2 menit. Setelah diaduk kembali, tambahkan es batu dan nata de coco agar rasanya semakin segar. Teh Pletok pun siap dinikmati.

Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai resep minuman tradisional. Setiap minuman khas Indonesia tentu memiliki rasa dan keunikan tersendiri. Nah, 4 minuman tradisional Indonesia di atas bisa menjadi pilihan hidangan penutup, teman untuk menyantap makan malam, atau sekadar hidangan ringan saat ngobrol dan santai bersama keluarga. Minuman tradisional manakah yang jadi favorit keluarga Anda?

Sumber:

https://www.mari-bicara.com/resep/