5 Tips Rumah Tangga Dengan Cerdas & Harmonis

17 Jun 2016

5 Tips Rumah Tangga Dengan Cerdas & Harmonis

Membangun rumah tangga bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, terkadang ada kendala atau batu sandungan dalam membentuk sebuah keluarga yang harmonis. Hal ini salah satunya karena pendapat satu orang tidak sama dengan anggota keluarga lainnya. Perbedaan pendapat tanpa solusi yang tepat tentu sangat berisiko membuat rumah tangga menjadi berantakan.

Untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis, sehat, dan bahagia, kerja sama setiap individu di dalam keluarga sangatlah dibutuhkan. Jika salah satu atau beberapa anggota saja yang berjuang tanpa dukungan anggota lainnya, keluarga tersebut tentu akan sulit mencapai keharmonisan. Nah, 5 tips rumah tangga ini mungkin bisa membantu Anda dan keluarga untuk membentuk rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

  1. Tips Komunikasi Sehat dalam Rumah Tangga
    Di era modern seperti ini, sangat wajar jika baik suami maupun istri bekerja di luar rumah. Keadaan seperti ini kadang menyebabkan kurangnya komunikasi satu sama lain, termasuk dengan anak yang sibuk dengan urusan sekolahnya. Tak masalah jika sepasang suami istri sama-sama bekerja. Namun, usahakanlah untuk terus berkomunikasi dengan sesama anggota keluarga, baik melalui telepon atau sekadar chatting. Komunikasi yang sehat dalam rumah tangga bisa diawali dengan pertanyaan ringan, seperti “Sudah makan?” atau “Ada PR apa hari ini, Nak?” Intensitas berkomunikasi yang cukup dapat mencegah miscommunication secara efektif. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda berkomunikasi dengan keluarga secara sering dan teratur.
     
  2. Tips Quality Time dalam Rumah Tangga
    Quality time dalam keluarga sangat diperlukan untuk menjaga agar rumah tangga tetap harmonis dan sehat. Jika setiap anggota keluarga memiliki aktivitas masing-masing dan hanya bisa bertemu pada saat makan malam atau di akhir pekan, manfaatkanlah waktu yang ada tersebut untuk menikmati quality time bersama. Nah, pada saat quality time berlangsung, setiap anggota keluarga bisa saling bertukar cerita seputar aktivitas yang dilakukan sehari-hari atau bersama-sama melakukan hal yang menyenangkan, seperti berkebun atau memasak. Upaya sederhana seperti inilah yang dapat mempertahankan rumah tangga agar tetap harmonis.
     
  3. Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga
    Tahukah Anda jika anggaran rumah tangga yang berantakan dapat berdampak pada kondisi dan keharmonisan keluarga? Untuk mengatur keuangan rumah tangga, mulailah dengan menyisihkan sekitar 10-20% dari pendapatan keluarga untuk ditabung atau diinvestasikan. Selanjutnya, rencanakan pos-pos pengeluaran tetap untuk setiap bulannya, seperti biaya makan, sekolah anak, transportasi, tagihan-tagihan, dan lainnya. Jangan lupa untuk menganggarkan dana darurat agar rencana pengeluaran bulanan yang sudah rapi tidak terganggu oleh pengeluaran yang tak terduga. Selain itu, Anda dan pasangan juga harus lebih terbuka. Tak perlu takut untuk mengatakan tidak saat anggota keluarga lain mendesak menggunakan uang untuk keperluan yang dirasa tidak penting.
     
  4. Tips Agar Rumah Tangga Tetap Hangat
    Apa hal yang paling sulit selain membangun rumah tangga yang bahagia? Tentu saja usaha untuk mempertahankannya jauh lebih sulit dibandingkan usaha untuk membangunnya. Untuk menjaga kehangatan keluarga sebenarnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang nampak sederhana, seperti meluangkan waktu selama 15 menit sehari untuk ngeteh dan ngobrol dengan anggota keluarga lainnya. Pada saat akhir pekan, Anda dan keluarga dapat merencanakan liburan singkat yang sederhana, seperti pergi ke taman kota atau berenang bersama, agar kehangatan rumah tangga tetap terjaga.
     
  5. Tips Mengatasi Masalah dalam Rumah Tangga
    Seperti yang sudah dikatakan di awal, di dalam sebuah rumah tangga tentu akan selalu ada masalah atau batu sandungan. Jika tidak pintar dalam menyikapi setiap masalah rumah tangga yang ada, masalah tersebut akan semakin berlarut-larut dan dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi kacau. Oleh karena itu, jika ada suatu masalah dalam rumah tangga, ajak semua anggota keluarga untuk bermusyawarah dengan kepala dingin. Jika Anda terbukti bersalah, jangan ragu untuk meminta maaf dan hindari sikap pendendam.

Selain membantu membangun rumah tangga yang lebih baik dan sehat, kelima tips di atas juga dapat membawa dampak positif bagi kehidupan diri sendiri maupun perkembangan psikologi dan prestasi anak. Mulai sekarang, lebih pedulilah terhadap kondisi dan keutuhan keluarga Anda karena keluarga yang harmonis adalah awal dari kebaikan-kebaikan lain yang akan datang di kehidupan Anda dan keluarga.

Sumber:

rd.com/advice/parenting/13-tips-to-increase-your-familys-happiness-and-health/

ayahbunda.co.id/keluarga-keuangan/mengatur-pos-pengeluaran-dan-tabungan

webmd.com/parenting/features/15-secrets-to-have-a-happy-family