Cegah Stroke dengan Rutin Minum Teh

16 Jul 2014

Cegah Stroke dengan Rutin Minum Teh

Beberapa dari Anda pasti sudah mengetahui tentang banyak manfaat teh bagi kesehatan manusia. Namun, sebagian orang mungkin tidak mengira bahwa secangkir teh yang nikmat bisa mengurangi risiko penyakit stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Pasalnya, stroke dapat mengakibatkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Jika sudah terkena stroke, pengobatannya akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Belum lagi saat stroke menyerang diri, kita pasti akan sangat menyusahkan orang-orang terdekat yang dicintai. Untuk itu, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit stroke dengan rutin mengonsumsi teh.

 

Mengapa harus teh? Karena di dalam teh terdapat senyawa flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penyakit pembuluh darah yang tersumbat ini. Senyawa flavonoid ini mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah agar tidak mudah tersumbat. Pada dasarnya, setiap orang berisiko terkena penyakit stroke karena gaya hidup modern seperti merokok, kurang berolahraga, mengonsumsi makan berlemak atau junk food serta pernah memiliki riwayat resiko tinggi. Oleh karena itu, usaha pencegahan penyakit ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin untuk semua orang.

 

Senyawa flavonoid bisa ditemukan pada buah-buahan tertentu. Akan tetapi, kandungan flavonoid di dalam teh jauh lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Konsumsi teh sebanyak 1-3 cangkir sehari bisa menurunkan risiko stroke secara optimal. Suatu penelitian di Arab membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi 3 cangkir teh dalam sehari mendapatkan penurunan risiko stroke dua kali lipat lebih banyak dibanding orang yang hanya mengonsumsi secangkir teh sehari. Dalam beberapa kasus, orang yang rutin mengonsumsi teh setiap harinya sudah menjalankan gaya hidup sehat yang sebenarnya. Tentunya di samping manfaat teh yang begitu besar tersebut, alangkah lebih baik lagi apabila Anda juga menghindari segala hal yang dapat menimbulkan penyakit stroke seperti yang sudah disebutkan di atas dan melakukan olahraga secara teratur.

 

Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki risiko untuk terkena penyakit stroke. Maka dari itu sebelum penyakit berbahaya ini menyerang Anda dan keluarga, cegahlah dengan meminum 3 cangkir teh setiap hari. Teh merupakan sumber penyumbang flavonoid terbesar yang dibutuhkan oleh tubuh. Nikmati secangkir teh Sariwangi pada saat pagi, sore dan malam. Anda bisa menyeduhnya kemudian meminumnya atau tambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Tiga cangkir teh Sariwangi dalam sehari bisa membuat Anda dan keluarga terhindar dari penyakit stroke sekaligus dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga Anda.

 

 

Sumber:

·         LiOT Expert Newsletter_Issue 5_Tea  BP_Jan 2013.