Empat Kata Ajaib untuk Ajarkan Anak Sopan Santun

24 Dec 2014

Empat Kata Ajaib untuk Ajarkan Anak Sopan Santun

Jika Anda sudah menjadi orangtua, Anda pasti selalu menginginkan yang terbaik bagi keluarga, terutama untuk anak-anak. Setiap orangtua pastinya menginginkan memiliki anak yang sopan santun, berprilaku baik dan tumbuh sehat. Bukan hanya untuk menciptakan keluarga bahagia dan harmonis, melainkan pula agar mereka kelak mampu bertahan dalam masyarakat yang tidak bersikao toleran satu sama lain.

 

Tanpa Anda sadari, menumbuhkan etika atau sikap sopan dan santun dapat dilakukan sedini mungkin pada anak-anak, terutama karena mereka cenderung meniru perbuatan orang tuanya.  Tentu, sopan santun adalah salah satu tips keluarga harmonis  yang bisa Anda tularkan kepada mereka sejak di rumah.

 

Ada empat kata ‘ajaib’ yang harus Anda ajarkan kepada anak untuk mengembangkan etika yang baik, yaitu tolong, terima kasih, terima kasih kembali, dan maafkan saya. Keempat kata ini memiliki makna tersendiri untuk membentuk karakter anak. Berikut penjelasannya.

 

Tolong (please)

Kata ini berfungsi untuk memberitahu anak bahwa mereka tidak perlu melakukan hal yang berlebihan, apalagi sambil berteriak ketika menginginkan sesuatu.

 

Terima kasih

Kata ini berfungsi untuk mengekspresikan rasa bersyukur, kala mendapatkan hal yang dia inginkan, misalnya diberi hadiah, dipuji oleh guru dan kerabat, dan sebagainya.

 

Terima kasih kembali (sama-sama)

Kata ini berfungsi untuk mengajari anak cara berkomunikasi yang positif dan menghargai lawan bicara.

 

Maafkan saya

Kata ini berfungsi untuk menyatakan penyesalan ketika melakukan hal yang buruk.

 

Keempat kata ajaib ini tidak akan ‘menempel’ di benak anak, jika Anda sebagai orang tua nya tidak mengucapkannya dengan rutin di rumah. Oleh sebab itu, jangan pelit untuk menggunakan kata-kata ajaib di atas ketika berinteraksi dengan anak. Selain itu, diperlukan juga konsistensi dan pengulangan agar anak semakin terbiasa mengucapkannya sehari-hari.

 

Saat menikmati waktu senggang bersama-sama, misalnya, sambil bermain, membuat kue, liburan, berolahraga, atau sekedar minum teh bersama. Kegiatan positif memungkinkan Anda untuk memiliki anak yang sopan santun dan juga sehat. Jangan lupa pilih teh berkualitas seperti Sariwangi, karena kandungan teh sariwangi  juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Anda sekeluarga.

 

 

Sumber:

  • community.scholarschoice.ca/general/making-manners-matter-4-magic-words
  • www.askdrsears.com/topics/parenting/discipline-behavior/morals-manners/7-ways-teach-your-child-manners
  • www.sheknows.com/parenting/articles/981403/good-manners-teach-empathy