Jangan Pernah Ucapkan Ini Kepada Anak!

24 Dec 2014

Jangan Pernah Ucapkan Ini Kepada Anak!

Memiliki keluarga harmonis  dan bahagia adalah impian setiap orang. Namun untuk mencapainya bukan hal yang mudah. Anda tentu harus berusaha dengan sungguh-sungguh, terutama dalam mendidik dan membesarkan anak-anak. Tujuannya tidak lain agar  mereka kelak menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

 

Namun, ada saatnya ketika Anda secara spontan mengucapkan hal-hal yang bisa melukai perasaan anak, bahkan meninggalkan trauma seumur hidup. Oleh karena itu, perhatikan selalu ucapan Anda. Berikut ini ada tiga hal yang sebaiknya tidak Anda ucapkan kepada anak.

 

1. “Mengapa kamu tidak bisa seperti kakak (atau abang)?”

Membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lainnya terdengar biasa. Mungkin Anda berpikir ini bisa memberikan semacam semangat kepada anak untuk berprilaku dan berprestasi seperti saudaranya yang lain. Namun, hal ini bisa memicu kemarahan anak dan menimbulkan perasaan rendah diri akibat penentuan standar yang mungkin terlalu tinggi. Hal ini juga bisa menimbulkan kebencian antar saudara.

 

2. “Kamu tidak pernah bisa melakukan apapun dengan benar”

Anak akan merasa malu mendapatkan ucapkan seperti ini. Mungkin banyak orang tua yang berpikir, bahwa rasa malu adalah hal yang baik untuk menghukum anak. Sebaliknya, hal ini bisa membuat anak menjadi pendiam, menarik diri dari sekelilingnya, dan tidak mampu membuat keputusan yang benar di kemudian hari.

 

3. “Seharusnya saya tidak punya anak”

Kalimat ini bisa menjadi hal terkejam yang Anda katakan kepada anak, ketika suasana hati sedang tidak baik, stres, atau sedang banyak masalah. Anak akan merasa bersalah, tidak diinginkan, dan kemudian berujung pada penyimpangan prilaku karena dia merasa Anda toh tidak menginginkannya.

 

Salah dalam menanggapi kenakalan anak kadang-kadang memang membuat kesabaran habis. Namun, bukankah tugas Anda sebagai orangtua untuk merangkul, mencintai, dan mendidiknya sepenuh hati, apapun yang sudah dilakukannya?

 

Ketika Anda lelah, lebih baik ambil waktu untuk menenangkan diri. Tenangkan pikiran Anda dengan teh pilihan terbaik. Secangkir teh sariwangi  bisa menjadi pilihan. Aromanya yang khas, dengan rasa teh hitam yang nikmat dapat lekas memperbaiki mood yang buruk.  Mari menjadi orangtua yang lebih bijak agar tercipta keluarga yang bahagia nan harmonis.

 

 

Sumber:

  • mommyedition.com/5-things-parents-should-never-say-to-their-children
  • empoweringparents.com/6-things-you-should-never-say-to-your-child.php