Kebersamaan Hangatkan Keluarga

16 Jul 2014

Kebersamaan Hangatkan Keluarga

Keluarga yang harmonis adalah idaman setiap orang. Anda mungkin salah satu yang mengharapkan keharmonisan juga berada di keluarga kecil Anda. Tak perlu repot mencari ke sana ke mari untuk menciptakan harmonis di dalam keluarga, Anda hanya perlu kembali melihat peran keluarga yang berjalan dalam situasi Anda. Peran keluarga dapat berbeda-beda yang mengakibatkan setiap keluarga memiliki cara mencapai hubungan harmonis yang berbeda-beda pula.

 

Umumnya, peran keluarga terdiri dari banyak hal, seperti peran pendidikan, ekonomi, hiburan, dan rasa aman. Seringkali terlupakan bahwa kebersamaan dengan anggota keluarga adalah hal yang penting untuk selalu diterapkan. Indah nya kebersamaan ketika berkumpul bersama, bercerita, bercanda gurau bersama tak akan bisa digantikan dengan hal lain dalam meningkatkan rasa kebersamaan dan memiliki dalam keluarga.

 

Indah nya kebersamaan hanya akan terasa manis jika peran keluarga berjalan semestinya. Anda yang menghabiskan banyak waktu di rumah bisa menjadi inisiator untuk memulai sebuah kegiatan yang bisa membawa keluarga lebih dekat dan lebih akrab lagi. Salah satu cara yang bisa Anda coba lakukan adalah melakukan hal bersama-sama sebisa mungkin. Makan bersama, membantu anak mengerjakan tugas sekolah, memasak kue bersama, membersihkan rumah bersama, wisata bersama, dan mengobrol bersama dapat menjadi pilihan aktivitas yang bisa membangkitkan rasa sayang dan cinta di dalam keluarga yang pada akhirnya mengarah pada pembentukan keluarga yang harmonis.

 

Sebuah pepatah tua mengatakan ‘ketika keluarga mencapai keadaan harmonis, maka hal itu membawa sukses kepada semua hal’. Pepatah ini menggambarkan bagaimana keharmonisan keluarga dapat menjadi awal kebaikan dalam sebuah keluarga. Hubungan antar anggota keluarga yang lebih baik dan terbuka; orang tua ke anak dan sebaliknya, serta suasana rumah yang lebih nyaman adalah hal-hal baik yang akan menghampiri keluarga Anda begitu kebersamaan dan harmonisasi menjadi bagian dari keluarga. Memang benar jika indah nya kebersamaan akan membawa lebih banyak kebahagiaan bagi keluarga. Terutama bagi Anda yang ingin selalu dekat dengan anggota keluarga.

 

Lalu, apa lagi yang Anda tunggu? Keterbukaan, kebaikan, kehangatan, sikap yang baik, saling menghargai dan mencintai adalah kunci mencapai keharmonisan dalam keluarga. Mulailah membangun kebersamaan di setiap aktivitas yang Anda lakukan di rumah agar tercipta keluarga yang lebih hangat, bahagia dan akrab. Jika bukan Anda yang memulai, siapa lagi yang akan peduli. Let`s get it started!

 

 

Sumber:

1. parents.com/parenting/better-parenting/the-key-to-family-harmony/

2. tparents.org/Moon-Books/rcgw/Rcgw-1-4.htm