Kenali Beragam Manfaat dari Kantung Teh

3 Dec 2015

Kenali Beragam Manfaat dari Kantung Teh

Ada dua jenis kemasan teh, yakni teh celup dan teh seduh. Teh celup adalah daun teh yang dikemas dalam kantung steril, sedangkan teh seduh berupa daun teh yang bisa langsung diseduh dengan takaran sesuai selera. Umumnya, teh celup memiliki kemasan yang jauh lebih praktis. Lebih dari itu, nyatanya teh celup memiliki beragam manfaat untuk Anda.

Teh hitam dalam kemasan kantung merupakan jenis teh yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Kandungan kafein pada teh hitam dikenal bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan mental. Lantas, berapa jumlah kandungan kafein dalam sebuah teh celup? Sebuah studi yang diterbitkan pada Oktober 2008 yang berjudul Journal of Analytical Toxicology menuturkan bahwa kandungan kafein dalam satu kantung teh adalah 14-61 mg. Jumlah kafein tersebut masih dalam batas wajar untuk dikonsumsi.

Terlepas dari manfaat teh celup yang jauh lebih praktis, ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari kantung teh. Berikut adalah manfaat tersebut:

  • Kantung teh hitam bekas dapat digunakan untuk meredakan gatal dan sakit yang disebabkan oleh virus herpes. Caranya, letakkan kantung teh bekas yang masih basah pada area yang gatal dan sakit. Tannic acid dalam teh bisa membantu meredakan rasa gatal dan sakit pada kulit.
  • Sariawan yang dibiarkan begitu saja tentu akan sedikit mengganggu. Solusinya, cobalah untuk meletakkan kantung teh hitam pada sariawan di mulut. Perih akibat sariawan akan sedikit berkurang.
  • Kantung teh juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada gigi yang tanggal. Caranya, gigit kantung teh di antara gigi yang tanggal untuk menghentikan pendarahan dan nyeri. Namun, Anda juga harus tetap berobat ke dokter gigi. Pada kasus ini, Anda bisa menggunakan kantung teh jenis apapun.
  • Kulit yang kemerahan akibat sengatan sinar matahari bisa didinginkan dengan cara meletakkan kantung teh hitam di atas kulit yang terbakar.
  • Kantung teh bekas juga bisa menyegarkan mata yang lelah akibat membaca atau menatap layar monitor dalam waktu yang lama. Caranya, letakkan dua kantung teh bekas sebagai kompres untuk mata.

Ternyata ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah kantung teh, bukan? Tak hanya praktis dan nikmat, teh celup bekas juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jadi, jangan buang teh celup Anda setelah diseduh dan coba manfaatkan untuk keperluan di atas, ya.

Sumber

livestrong.com/article/307815-health-benefits-of-tea-bags/
livestrong.com/article/281148-how-much-caffeine-is-contained-in-a-tea-bag/