Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

16 Oct 2015

Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

"Time is money"

Pernahkah Anda mendengar ungkapan di atas? Ya, waktu memang sangat berharga. Namun, menghabiskan waktu bersama keluarga jauh lebih berharga dari apapun. Quality time bersama keluarga baiknya tidak hanya terjadi saat makan malam. Alangkah baiknya bila setiap anggota keluarga meluangkan waktu di tengah kesibukan masing-masing untuk melakukan beberapa hal bersama-sama. Bagi Anda yang masih ‘kesulitan’ meluangkan waktu untuk keluarga, ketahui dulu manfaat positifnya berikut ini

  1. Meningkatkan Kemampuan Akademik Anak
    Keberhasilan anak dalam bidang akademik berkaitan dengan bimbingan orang tuanya. Luangkan waktu Anda untuk mendampingi si kecil belajar atau menyelesaikan tugas sekolah. Katakan padanya agar tidak ragu untuk bertanya pada Anda atau saudaranya bila menemui kesulitan dalam belajar.
  2. Ikatan Keluarga Semakin Kuat
    Semakin sering sebuah keluarga menghabiskan waktu bersama, maka semakin kuat ikatan antar anggotanya. Apa manfaat dari ikatan keluarga yang semakin kuat? Dengan keutuhan keluarga yang tetap terjaga, jika ada permasalahan yang tiba-tiba muncul pun maka keluarga tersebut tidak akan langsung terpecah belah. Sebaliknya, masalah akan dipecahkan bersama-sama dan hubungan antar anggota keluarga semakin erat satu sama lain.
  3. Kondisi Emosional Anak Tetap Stabil
    Percayakah Anda bahwa quality time bersama keluarga bisa mengurangi tingkat emosional negatif pada anak, khususnya remaja? Kekerasan yang terjadi di kalangan pemuda biasanya dikarenakan emosi mereka yang tidak terkontrol dengan baik. Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat membantu Anda mengenal karakter anak dengan baik. Hubungan yang akrab antar anggota keluarga dapat membuat anak Anda merasa nyaman untuk menceritakan masalah yang dialaminya sehingga Anda dapat membantunya mengontrol emosi.
  4. Anak Terhindar dari Pergaulan Bebas
    Survey membuktikan bahwa anak-anak muda yang sering menghabiskan waktu bersama keluarganya cenderung terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan. Pengguna umumnya sedang frustasi dan mencari ‘kesenangan’ dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Fungsi keluarga yang akrab sangat penting untuk menjauhkan anak dari narkoba. Saat menghabiskan waktu bersama, beri anak-anak pengetahuan tentang bahaya obat-obatan, ajak mereka melakukan hal-hal positif, dan mintalah mereka untuk tidak segan bercerita dan berbagi masalah yang sedang mereka hadapi.
  5. Membentuk Keluarga yang Harmonis
    Keluarga yang harmonis merupakan idaman setiap orang. Oleh karena itu, luangkan waktu lebih sering untuk keluarga Anda. Ajak mereka melakukan hal-hal baru yang menyenangkan. Perlahan tapi pasti keluarga Anda akan menjadi lebih harmonis seiring dengan intensitas komunikasi keluarga yang semakin baik.

Pada dasarnya, fungsi keluarga adalah sebagai tempat pertama membentuk karakter para anggotanya dan tempat untuk menyampaikan perasaan masing-masing. Oleh karena itu, habiskan waktu lebih banyak dengan keluarga untuk mewujudkan fungsi keluarga harmonis tersebut.

Sumber:

  • familyfocusblog.com/6-benefits-of-spending-time-together-as-a-family/
  • familyfacts.org/briefs/15/a-wise-investment-benefits-from-families-spending-time-together