Minum Teh Susu Bolehkan

2 Sep 2014

Minum Teh Susu?? Bolehkan?

Banyak cara dilakukan orang untuk menikmati minuman dari daun Camelia sinensis ini. Ya.. teh memang bisa dinikmati dengan berbagai variasi. Teh dapat dinikmati bersama hangatnya jahe dalam secangkir teh jahe. Selain itu teh juga bisa dinikmati bersama segarnya lemon dalam segelas lemon ice tea. Sensasi unik lain dapat diperoleh dari paduan teh dengan susu menjadi teh susu yang bisa menjadi teman penghangat suasana. Namun, apakah minum teh bersama dengan susu memiliki efek yang negatif untuk tubuh?
Banyak rumor yang beredar bahwa minum teh yang dicampur dengan susu akan mengurangi khasiat teh yang ada di dalamnya, seperti pendapat bahwa protein susu akan mengikat flavonoid pada teh yang menyebabkan penyerapan flavonoid (senyawa alami yang baik bagi tubuh seperti pada buah dan sayur) akan terhambat. Pendapat lain menyatakan bahwa efek relaksasi pada teh juga akan hilang jika teh ditambahkan susu.
Kyle et al (2007) dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, melakukan penelitian untuk melihat efek waktu penyeduhan teh dan penambahan susu pada teh hitam terhadap penyerapan flavonoid. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa penambahan susu pada teh tidak berpengaruh apapun pada kerja flavonoid dalam tubuh.
Penambahan susu pada teh justru akan memperkaya zat gizi yang terkandung. Segelas susu mengandung tidak kurang 286 mg kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang, dan hal ini masih diperkaya lagi dengan kandungan penting lain bagi tubuh seperti protein, magnesium, fosfor dan lain-lain. Jadi tidak ada kekhawatiran lagi bukan untuk minum teh susu?