Permainan untuk Ibu dan Anak: “Ibu, Bolehkah Aku?”

3 Dec 2015

Permainan untuk Ibu dan Anak: “Ibu, Bolehkah Aku?”

Dalam masa tumbuh kembang anak, si kecil tentu akan sangat senang jika ibunya mengajak ia bermain. “Ibu, Bolehkah Aku?” merupakan permainan yang bisa dilakukan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Pemain terdiri dari satu orang dewasa, sebagai Ibu, dan tiga orang anak atau lebih. Apabila jumlah anak Anda kurang dari 3 orang, mintalah si kecil untuk mengajak teman-temannya agar permainan ini menjadi semakin seru. Permainan ini dapat melatih keterampilan mendengar dan daya pikir anak. Pasalnya, anak harus cermat dalam mendengarkan perintah ibunya dan berpikir untuk mengajukan pertanyaan agar ia dapat mencapai garis finish dengan cepat.

Permainan ibu dan anak satu ini dapat dimainkan di dalam maupun luar ruangan. Berikut adalah instruksi memainkan “Ibu, Bolehkah Aku?”:

  1. Anak-anak dan ibu saling berdiri berjauhan. Semakin jauh jarak antara ibu dan anak-anak, maka semakin baik untuk melatih indera pendengaran anak. Namun, pastikan kedua belah pihak tetap dapat saling mendengar satu sama lain.
  2. Anak-anak secara bergiliran mengajukan pertanyaan, “Ibu, bolehkah aku?” untuk dapat mencapai garis finish
  3. Apabila ibu menjawab ‘Ya’, maka anak diperbolehkan untuk melakukan gerakan yang ia minta. Akan tetapi, jika jawaban ibu ‘Tidak’, ibu harus turut memberikan alternatif. Misalnya, ”Tidak, tetapi kamu boleh ” Ibu menjawab ‘Tidak’ bila permintaan anak membuatnya terlalu cepat mencapai garis finish.
  4. Anak yang lebih dulu mencapai garis finish (dekat ibu) akan keluar sebagai pemenang.

Pada umumnya, ada beberapa pertanyaan yang selalu diajukan ketika memainkan permainan ibu dan anak  ini. Berikut adalah ide pertanyaan untuk anak yang dapat digunakan saat bermain “Ibu, Bolehkah Aku?”:

  • Mengambil (jumlah) langkah maju
  • Mengambil (sejumlah kecil) langkah raksasa untuk maju ke depan
  • Mengambil (sejumlah besar) langkah kecil untuk maju ke depan
  • Maju seperti katak sebanyak (jumlah) kali
  • Lari ke depan sebanyak (jumlah) langkah
  • Berjalan seperti kepiting sebanyak (jumlah) langkah

Anak-anak memang dituntut untuk berpikir mencari strategi agar mereka segera mencapai garis finish. Namun, si ibu juga harus adil dan realistis dalam menjawab pertanyaan anak. Jika anak mengajukan permintaan yang dapat membuatnya mencapai finish terlalu cepat, Ibu harus segera memberikan alternatif lain. Karena setiap anak harus mencapai finish dengan perbedaan jarak yang tipis. Yuk, coba di akhir pekan ini, Bu!

Sumber:

kidspot.com.au/kids-activities-and-games/Party-games+7/Mother-may-I+252.htm
grandparents.com/grandkids/activities-games-and-crafts/mother-may-i
http://icebreakerideas.com/mother-may-i-game-rules-and-variations/