Pesta Ala Peternakan Bersama Si Kecil

3 Dec 2015

Pesta Ala Peternakan Bersama Si Kecil

Agar akhir pekan bersama keluarga terasa lebih menyenangkan, Anda dapat mengajak si kecil membuat pesta ala peternakan. Tak perlu pergi mengunjungi peternakan karena Anda bisa membawa suasana peternakan ke rumah dengan menyajikan makanan atau kudapan yang berasal dari hewan ternak. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk memodifikasi makanan menyerupai hewan-hewan yang lucu. Pesta ala peternakan ini dapat menjadi sarana untuk menghangatkan komunikasi antar anggota keluarga sekaligus mengenalkan anak pada suasana peternakan.

Hal utama yang harus dilakukan untuk mewujudkan sebuah keluarga bahagia adalah menciptakan suasana yang akrab antar anggota keluarga dan meluangkan waktu untuk berkumpul bersama. Pesta ala peternakan tidak hanya menyenangkan bagi si kecil, tetapi juga bagi seluruh anggota keluarga. Agar suasana peternakan semakin kental, perhatikan tips-tips berikut:

  1. Tentukan lokasi pesta ala peternakan. Pada umumnya, pesta ala peternakan diselenggarakan di ruangan terbuka (outdoor), seperti taman belakang rumah. Namun, bila Anda tidak memiliki taman atau halaman terbuka, pesta tetap dapat diselenggarakan di dalam rumah. Misalnya, di ruang keluarga.
  2. Desain tempat pesta serupa dengan peternakan. Peternakan sangat lekat dengan suasana country. Perabotan kayu sangat mendukung suasana country ala peternakan. Buat spanduk dari kertas bertuliskan “Peternakan Ceria Keluarga (isi dengan nama keluarga Anda)”, lalu letakkan di dekat tempat pesta.
  3. Gunakan kostum ala cowboy. Pesta akan menjadi semakin semarak jika Anda dan keluarga mengenakan pakaian ala cowboy. Cowboy sangat identik dengan suasana country ala peternakan.

Setelah tempatnya siap, ajak si kecil untuk membuat makanan yang diolah dari hewan ternak. Anda juga bisa membuat makanan yang berbentuk hewan atau benda yang ada di peternakan. Berikut adalah ide makanan untuk pesta ala peternakan:

  • Kentang Jerami
    Siapa bilang jerami tidak bisa di makan? Jerami yang satu ini sangat lezat dan bisa di makan. Iris kentang menyerupai bentuk korek api. Lalu goreng hingga bewarna cokelat keemasan. Setelah ditiriskan, sajikan kentang “jerami” tersebut di dalam keranjang. Taburkan sedikit garam dan merica untuk memberi rasa pada kentang “jerami” tersebut.
  • Piggy Pizza
    Meskipun berbentuk babi, pizza ini dijamin halal. Pertama, buat adonan pizza, kemudian oleskan saus dan taburkan keju. Gunakan pepperoni besar untuk membuat moncong babi. Lalu, gunakan zaitun atau olive untuk sepasang mata dan lubang hidungnya. Setelah dipanggang dalam oven bersuhu 190oC selama 10 menit, maka piggy pizza siap disajikan.
  • Smoothies Susu Sapi
    Tak afdol rasanya jika tidak mengonsumsi susu sapi saat ke peternakan. Oleh karena itu, Anda dapat membuat smoothies susu sapi dengan campuran buah-buahan segar, seperti pisang dan stroberi. Tempatkan smoothies ke dalam gelas plastik bening. Buat motif totol sapi dengan spidol hitam pada gelas plastik tersebut.

Saat makanan sudah siap, pesta ala peternakan pun siap dilaksanakan! Pesta ala peternakan ini dapat membantu membangun komunikasi antar anggota keluarga dan melepas penat setelah seminggu penuh beraktivitas. Selamat mencoba!

Baca juga artikel menarik berikut.