Selesaikan Konflik Keluarga dengan Ngeteh Bersama

6 Jan 2017

Selesaikan Konflik Keluarga dengan Ngeteh Bersama

Konflik di dalam keluarga adalah hal yang wajar. Sekali pun di dalam keluarga harmonis, tentu saja sesekali akan terdapat konflik. Bahkan, perbedaan pendapat antara anggota keluarga juga merupakan hal yang biasa. Yang membuat sebuah keluarga terlihat luar biasa dan harmonis adalah cara mereka menyelesaikan konflik tersebut agar tidak berkepanjangan. Nah, tahukah Anda bahwa kegunaan teh  bukan hanya sekadar untuk meredakan stres saja, tetapi juga bisa menjadi sarana untuk menyelesaikan konflik di keluarga?

Untuk menyelesaikan konflik dibutuhkan suasana yang santai dan perasaan yang tenang. Kegunaan teh hangat terbukti dapat menenangkan pikiran dan perasaan Anda. Jadi, sebelum duduk bersama untuk membicarakan konflik keluarga, mari seduh Teh SariWangi terlebih dahulu untuk menghangatkan suasana.

Lantas, bagaimana cara menuntaskan konflik keluarga? Yuk, duduk santai sambil ngeteh terlebih dahulu. Kemudian, ikuti beberapa langkah berikut untuk menyelesaikan konflik tersebut:

  • Kontrol diri sendiri
    Untuk menyelesaikan sebuah masalah, kita harus menyikapi segala sesuatu secara lebih dewasa. Kedewasaan seseorang dapat dilihat dari cara mengontrol emosi diri sendiri. Meskipun anggota keluarga lainnya memiliki pendapat yang berbeda atau bahkan menyudutkan Anda, berusahalah untuk mengontrol diri sendiri. Bersikaplah tenang dalam menyelesaikan konflik karena membalas untuk meluapkan emosi hanya akan memperkeruh suasana.
  • Identifikasi masalah dan tujuan keluarga
    Cari tahu penyebab pertikaian di dalam keluarga sebelum menyelesaikannya. Sikap terbuka satu sama lain sangat penting untuk menyelesaikan poin ini. Setiap anggota keluarga bebas mengemukakan pendapat, tujuan, atau keinginannya. Intinya, carilah jalan keluar bersama agar semua anggota keluarga tidak merasa dirugikan atau diabaikan.
  • Diskusi sambil ngeteh
    Cairkan suasana dengan menikmati secangkir Teh SariWangi terlebih dahulu. Kemudian, diskusikan masalah keluarga Anda dalam kondisi yang tenang. Bertukar pendapat satu sama lain adalah hal yang wajib Anda lakukan. Jangan lupa untuk memecahkan masalah dengan hasil akhir yang terbaik dan disetujui oleh setiap anggota keluarga yang terlibat dalam masalah tersebut. Jika Anda tidak sedang terlibat dalam konflik, maka Anda bisa menjadi penengah dan bersikap lebih bijaksana dalam mencari jalan keluar.
  • Jadilah pendengar dan hindari menyalahkan
    Sebagian besar orang tentu ingin keluh kesahnya didengarkan, tetapi tak jarang pula yang enggan mendengarkan orang lain. Jadilah pendengar yang baik saat Anda sedang terlibat dalam konflik keluarga. Setelah mendengar keluh kesah anggota keluarga lain, jangan selalu menyalahkan mereka. Sebaiknya, Anda dan keluarga bersikap kompak untuk mencari penyelesaian terbaik atas konflik yang tengah dihadapi.

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu kegunaan teh adalah menghangatkan suasana. Teh SariWangi yang dingin atau hangat bisa menjadi sarana yang baik untuk memulai membicarakan konflik keluarga. Apakah keluarga harmonis Anda tengah mengalami masalah? Segera bicarakan, cari jalan keluar, dan jangan biarkan masalah tersebut hingga berlarut-larut. Dengan penyelesaian konflik yang dilakukan segera, keluarga Anda pun akan senantiasa harmonis, bahkan semakin dekat dan kompak dalam segala hal.

Sumber:

mediate.com/articles/mercerd7.cfm

ehow.com/how_2050383_resolve-family-conflicts.html

Diakses 21 Nov 2016